Tentang A

by - Tuesday, December 29, 2015

Hmm.. Sebenernya mau bahas ini udah dari lama banget, dari jaman sebelum hamil kali ya. Haha.. Tapi baru ada waktunya sekarang. Yang mau baca, ga boleh ngerasa kesindir, baperan, seudzon. Kalau bisa ga ngerasa gitu, baru boleh baca :D Sekali lagi, postingan ini NOT DEDICATED TO SOMEONE ya :D

Kira-kira sekitar 2 tahunan lalu sampai sekarang ya, lagi gencar kan update apapun itu di Soc-Med (Social Media), gimana bawaan orang sih itu juga. Ada yang emang demen banget show off atau ada yang biasa-biasa aja. Gw mau bahas mengenai seputar postingan kehamilan, kelahiran sampai pertumbuhan anak.

Saat gw baru menikah tahun 2014, ga sedikit temen-temen sepantaran gw or lebih muda atau lebih tua yang nikah juga. Abis nikah yang beruntung sih Alhamdulillah langsung hamil dong ya, tapi tidak untuk gw. Karena gw mesti menunggu dulu karena sesuatu (yang setahun kemudian akhirnya diberi kepercayaan juga) sampai gw bisa hamil karena ikut program hamil juga. Selama setahun sebelum gw hamil kan banyak dong temen-temen yang suka sharing di Soc-Med tentang kehamilannya dari mulai keluhan sampai kebahagiaannya. Gw sih ikut bahagia aja ngeliatnya, tapi kok kadang sesuatu yang over jadi malah males ya liatnya. Awalnya, okelah gw liat sambil gw pelajari, oh mungkin gini ya rasanya hamil, keluhannya macem-macem, bahagianya apalagi pas ngerasain bayinya nendang-nendang. Tapi makin lama ada aja postingan yang bikin annoying, sorry to say, posting keluh kesah lah, tentang orang lain yang ga ngertiin ibu hamil lah, sampai-sampai dalam sehari bisa posting lebih dari 3 kali. Selain itu mungkin yang over posting juga yang ngungkapin betapa bahagianya hamil, betapa beruntungnya, blablabla... Tapi kok keliatannya jadi kayak malah nyirik-nyirikin gitu (mungkin gw baper), yang bikin males ternyata ada beberapa orang yang kesannya kok malah jadi pengen keliat strong women when she's pregnant gitu loh, jadi ajang kompetisi kali ya. Hahaha..

Tapi tau ga sih, ada segelintir orang yang bacanya juga kok jadi males ya. Gimana sih kalau sehari-hari ngeliat orang ngeluh mulu, negatif melulu, kan jadi kesel juga. Kalau kata dokter kandungan gw sih "Ga usah hamil kalau ngeluh ga mau mual-mual mah!" Disamping itu, mungkin ada orang yang sudah lama menikah dan mendambakan hamil tapi belum kunjung juga, liat over posting yang kesannya kok lebay ya, jadi kesel juga. Kayak ga ngehargain perasaan dia, atau begitu banyak orang-orang yang sebenernya kepengen nikah juga dan ngerasain itu tapi karena satu hal dan lainnya belum bisa nikah. Dari hal ini sih gw belajar, kalau nanti gw hamil, gw ga bakal mau sering-sering bentar-bentar posting tentang pregnancy life gw. Karena gw ngerasain bakal ada aja orang yang ngerasa kayak gw kan? Hahaha... *seudzon :p

Oke kita lewat fase kehamilan, sekarang tentang kelahiran. Ternyata di fase ini juga ga kalah serunya jadi ajang kompetisi juga. Iya sih, namanya juga baru menjadi ibu ya. Masih amaze aja gitu rasanya, tapi sekali lagi sesuatu yang over itu ga baik. Ada yang bentar-bentar posting tentang activity anaknya, cerita multi-tasking activity IRT sambil ngurus anak. Every women want looks alike best mother. Same like me kok, tapi buat gw dimata suami dan anakpun more than enough to be the best mother, ga perlu orang lain tau karena human can't stop to compare with others. For example, anak kita ga ASI ekslusif karena ASI sedikit, tapi kita selalu posting pas anak kita lagi ngASI dan menggambarkan seolah-olah kalau anak kita tuh ASI ekslusif. Please deh, mesti banget nutup-nutupin pake sufor ya, sufor bukan racun kok. Gw kerja di dunia medis dan kebanyakan orang medis ga gengsi kalau memang anaknya campur pake sufor. Lah ini yang orang awam kok malah kayaknya gimanaaaa gitu buat mengakui.

Sesuai dengan pengalaman pribadi gw, anak gw juga campur sufor karena ASI gw sedikit. Siapa sih yang ga kepengen kasih full ASI ke anaknya kalau memang bisa dikasih ASI banyak. Sama dengan halnya siapa sih yang kepengen lahiran sesar kalau bisa lahiran normal. Kan semua udah diatur, jadi kita ga bisa maksain atau men-judge orang seenaknya juga.

Last part, tentang pertumbuhan anak. Setiap anak itu perkembangannya beda-beda. Jadi kita ga bisa membandingkan anak kita dengan anak orang. Suka ada aja kan yang nanya, "Anaknya udah bisa ngapain aja?" Gw pun sering mendapat pertanyaan ini dari rekan kantor, tapi gw sih fine aja karena yang nanyanya juga emang ga ada maksud buat ngebandingin, dan anaknya juga ga sepantaran anak gw. Hahaha.. Udah gitu kadang ya, gw liat ada yg posting foto or just saying anaknya umur segini udah bisa ini itu, eh ada yang komen juga, tapi konten komennya kok malah "Kalau anak gw mah malah blablabla..." compare banget ga sih? Kan jadinya out of topic, seharusnya komen yang berkaitan dengan postingan tapi kok malah report yang lain.

Ya mungkin gw juga ga sempurna, sometimes masih suka lost control karena sering posting cuma lewat Instagram stories sih ya tentang anak gw. Tapi mudah-mudahan masih dalam frekuensi yang wajar. Yah intinya gw ga mau banding-bandingin anak gw sama anak orang karena gw ga mau orang banding-bandingin anaknya sama anak gw. Jangan nyubit kalau ga mau dicubit :D


Jangan lupa untuk bahagia :)

You May Also Like

0 comment

She Writes Her Stories©. Powered by Blogger.